Setyorinihestiningtyas's Blog

Just another WordPress.com weblog

Wanita dalam dunia Sistem Informasi

Dalam jurusan sistem informasi ataupun  dunia Information Technology(IT) biasanya didominasi oleh para lelaki apalagi biasanya di perusahaan-perusahaan lebih banyak membutukan laki-laki sebagai pegawainya pada bagian IT. Padahal seharusnya bukan sesuatu dilihat bukan hanya berdasarkan gender saja tetapi berdasarkan kemampuan  yang dimiliki. Namun hal ini tidak dapat dipersalahkan karena dapat dikatakan bahwa kesadaran wanita sendiripun untuk menempatkan dirinya dalam perkembangan  teknologi sangat minim seperti yang saya pernah baca dari salah satu situs yang menulis bahwa “Kontribusi perempuan di Asia dalam memanfaatkan fasilitas internet sekitar 22%, Amerika Serikat sekitar 14%, Amerika Latin sekitar 38%, dan Timur Tengah 6%. Sedangkan di Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi memperkirakan perempuan Indonesia yang memanfaatkan fasilitas internet hanya sekitar 24% pada tahun 2002.” .

Padahal sebenarnya banyak wanita-wanita yang membuktikan kemampuannya didunia IT seperti berikut :

Augusta Ada Lovelace sebagai the first woman “computer programmer” dan terkenal karena membantu Charles Babbage menangani “the Analytical Engine”. Pada saat itu Ada sudah memperkirakan bahwa di masa depan mesin ini dapat memproduksi grafik dan musik yang dibangkitkan oleh komputer. Kemudian ada Grace Murray Hopper terkenal sebagai pionir ilmuwan komputer dan dikenal karena mengembangkan bahasa pemrograman berbasis bisnis yang disebut COBOL. Grace Murry Hopper juga mengembangkan compiler pertama yang disebut “the A-O” dan mempublikasikan penelitian pertamanya tentang compiler pada tahun 1952.

Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya wanita juga bisa membuktikan dirinya memiliki kemampuan.

Sumber dalam tulisan ini :

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=70925

http://ccde.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=223:perempuan-di-bidang-teknologi-informasi&catid=3:bingkai&Itemid=4

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: