Setyorinihestiningtyas's Blog

Just another WordPress.com weblog

Definisi, Sejarah dan Layanan pada Jejaring Sosial

Definisi Jejaring Sosial (Social Network)

Professor J.A. Barnes (1954) memperkenalkan istilah Jejaring sosial sebagai sebuah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. (wikipedia).

Sejarah Jejaring Sosial (Social Network)

Sebagai pengguna jejaring sosial, alangkah baiknya jika kita mengetahui sejarah bagaimana situs-situs itu akhirnya bisa lahir dan berkembang dengan pesatnya seperti sekarang ini.

Diawali oleh classmates.com pada tahun 1995 (terfokus pada hubungan mantan teman sekolah) kemudian diikuti sixdegrees.com tahun 1997 (membuat ikatan tidak langsung).

Tahun 1999 lahir jejaring sosial yang berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh epinions.com dan jejaring sosial yang berbasis pertemanan yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional antara tahun 1999 dan 2001.

Tahun 2005 dilaporkan bahwa jejaring sosial myspace.com lebih banyak diakses dibandingkan google dan facebook.com. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°.

Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Situs-situs jejaring sosial telah menemukan kejayaannya sejak tahun 2000an dimulai dengan mengguritanya jejaring sosial friendster sejak tahun 2004 dan mencapai puncaknya di tahun 2007.  Tahun 2008 hingga 2009 ini kejayaan itu diambil alih oleh jejaring sosial facebook yang memiliki member aktif hingga 350 Juta di seluruh dunia dan melejit di nomor 1 situs jejaring sosial terpopuler dengan pertumbuhan yang sangat drastis.

Beberapa situs jejaring sosial :

1.      http://www.facebook.com

2.      http://www.twitter.com

3.      http://www.friendster.com

Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing di dalamnya.

Dalam penggunaannya, jejaring sosial tidak hanya untuk saling berinteraksi dengan teman, mencari teman, ataupun dengan saudara-saudara yang jauh lokasinya. Adakalanya jejaring sosial itu pun dimanfaatkan untuk mencari penghasilan dengan membuat sebuah grup untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan baik dalam hal agama, politik, hobi dan lain sebagainya.

Jejaring sosial tidak selalu digunakan dengan baik oleh penggunanya. Ada saatnya penyalahgunaan itu terjadi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : http://mymeh.webnode.com/news/jejaring-sosial-dan-penggunaannya/

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: