Setyorinihestiningtyas's Blog

Just another WordPress.com weblog

Contoh Situs Jejaring Sosial

  • Friendster

Kesuksesan situs jaringan sosial terbesar, Friendster yang mewabah ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Friendster beralamat di Friendster.com ini yang sebelumnya hadir hanya satu versi bahasa Inggris, kini hadir dalam 7 bahasa Inggris, Indonesia, China Sederhana, China Tradisional, Jepang, Korea dan Spanyol.

Dengan demikian pengguna dan pengunjung Friendster memiliki pilihan bahasa yang lebih lengkap untuk menelusuri situs ini, mengisi konten dan menggunakan fitur-fitur jaringan sosial Friendster yang lengkap. Apalagi ketujuh bahasa ini mewakili lebih dari 67% pengguna Internet dunia atau lebih dari ¾ pengguna Internet secara keseluruhan yang mencapai 1 miliar.

Sebagai Website terbesar kedua di Indonesia setelah Yahoo dan jaringan sosial No. 1 di Indonesia, peluncuran versi Bahasa Indonesia akan membantu Friendster mempertahankan dan lebih meningkatkan posisinya yang terdepan di Indonesia dan di kalangan WNI di seluruh dunia.

Setidaknya di Indonesia sendiri Friendster memiliki lebih dari 8 juta pengguna terdaftar dan 4 juta pengunjung unik setiap bulan di Friendster.com pada Februari 2008. Pengguna di Indonesia umumnya menghabiskan waktu 30 menit setiap hari di Friendster dan mengunjungi Friendster beberapa kali seminggu untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan saling berbagi atau menikmati konten melalui fitur-fitur yang ada.

Friendster adalah jaringan sosial online paling popular di Indonesia dengan lebih dari 3,9 juta pengunjung unik setiap minggu, berdasarkan analisa data Alexa per tanggal 1 April 2008.3

Dengan demikian membuat Friendster lebih dari 5 kali lebih besar dari Facebook yang memiliki tidak lebih dari 700.000 pengunjung unik setiap minggu dan lebih dari 7 kali lebih besar dari MySpace yang pengguna uniknya tidak lebih dari 530.000 setiap minggu, kata David Jones, Vice President of Global Marketing, Friendster.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pilihan di Friendster telah tersedia dalam versi beta selama sekitar empat minggu. Dan lebih dari 250.000 pengguna menggunakan Friendster versi Bahasa Indonesia setiap harinya dan membuka halaman Friendster berbahasa Indonesia sebanyak 140 juta halaman per bulan. Beberapa ribu pengguna baru di Indonesia mendaftar setiap hari dan lebih dari empat ribu orang mendaftar dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pilihan.

Berbeda dengan situs-situs jaringan sosial lain yang membuat situs terpisah untuk negara atau bahasa berbeda. Friendster merupakan jaringan sosial online pertama yang menerapkan pendekatan satu-situs ini untuk mendukung dan mempermudah pertukaran dan komunikasi multi-budaya—tanpa memandang bahasa—di antara pengguna di seluruh dunia. Di samping itu, pengguna Friendster dapat mengisi konten dalam bahasa apapun di seluruh situs ketika mereka menggunakan fitur lengkap jaringan sosial Friendster.

Pengguna dapat secara permanen atau sementara waktu menentukan pilihan bahasa mereka melalui menu bahasa di kanan atas setiap halaman Website Friendster.com atau melalui menu Settings.

Friendster tumbuh lebih cepat dari jaringan sosial terkemuka lainnya dalam hal jumlah pengguna dan prosentasi sepanjang bulan lalu dan kuartal terakhir.1 Pada bulan Februari, misalnya, Friendster tumbuh 9% atau 3 juta pengunjung unik per bulan. Pada bulan Januari, Friendster tumbuh 15%, atau 4.4 juta pengunjung unik per bulan. Dalam 3 bulan terakhir, Friendster tumbuh 8,7 juta pengunjung unik atau 31%, lebih tinggi dari jaringan sosial terkemuka lainnya.

  • Facebook

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

http://www.benih.net/teknologi/situs-komunitas-friendster-sekarang-ini-memiliki-fasilitas-7-bahasa.html

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: