Setyorinihestiningtyas's Blog

Just another WordPress.com weblog

Contoh Situs Jejaring Sosial 2

My Space

Pengembangan-pengembangan karakteristik yang dilakukan oleh situs My Space ialah, melalui situs ini pengguna tidak hanya dapat melihat profil atau foto-foto pengguna lainnya. Pengguna My Space juga tidak hanya dapat berkomunikasi melalui pesan-pesan (messages). Situs My Space memungkinkan para penggunanya untuk dapat berkomunikasi secara langsung melalui chat, tidak lagi sekedar melihat-lihat profil atau foto dan berkirim pesan dengan pengguna lain. Hal yang istimewa dari My Space ialah, situs ini sering dijadikan sarana bagi remaja atau groupies untuk berkomunikasi dengan band-band favoritnya. Setelah My Space, muncullah situs jejaring sosial Facebook. Situs ini mampu mengembangkan karakteristiknya untuk menyaingi situs My Space. Selain menyediakan fitur chatting bagi sesama pengguna, Facebook juga menyediakan berbagai aplikasi yang menarik dan tentu saja mendukung komunikasi dua arah antar penggunanya. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain, permainan-permainan web yang dapat dimainkan antar pengguna. Jadi, sambil bermain, mereka juga dapat saling berkomunikasi. Selain itu, situs Facebook juga memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar foto, memberi komentar, dan mengirimkan audio atau video.

Proses Computer Mediated Communication juga dapat dilakukan melalui weblog atau dikenal dengan istilah blog. Awalnya, blog ini digunakan untuk menuliskan kejadian sehari-sehari seseorang atau virtual diary. Namun, saat ini peran blog tidak lagi terbatas pada virtual diary. Blog telah dimanfaatkan oleh orang-orang untuk menuliskan apapun, tidak hanya kejadian sehari-hari, tetapi juga opini dan analisis akan suatu isu atau peristiwa. Fungsi blog pun kemudian menjadi bergeser. Orang-orang tidak lagi menggunakan blog sebagai media untuk mencurahkan isi hatinya, tetapi juga untuk berbagi pikiran dan ide-ide dengan pengguna lainnya. Orang-orang yang membaca blog orang lain pun tidak sekedar berusaha untuk mencari tahu aktivitas sehari-harinya, tetapi juga menambah pengetahuan dan informasi mengenai isu-isu teraktual. Dengan kata lain, blog mampu membuka dan mengembangkan pikiran orang-orang yang membacanya. Selain itu, blog juga mampu melatih dan mengembangkan kreativitas menulis seseorang dengan sempurna.

You Tube

Dalam perkembangan teknologi internet, situs You Tube berhasil membuktikan bahwa situs jejaring sosial tidak sekedar memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi melalui pesan tulisan. Sebagai salah satu situs jejaring sosial, You Tube merupakan situs yang menyediakan fasilitas video-sharing kepada publik. Kemampuan video-sharing inilah yang memungkinkan interaksi dan komunikasi di antara penggunanya. Tujuan yang diinginkan oleh para pengguna situs You Tube dalam mem-publish videonya pun beragam. Misalnya, bagi para anggota band-band musik baru, situs You Tube digunakan untuk mempromosikan lagu dan video klip terbarunya. Selain itu, ada juga kalangan masyarakat yang menggunakan You Tube untuk mem-publish video-video (seperti musik, film, iklan, atau ilustrasi) yang menurutnya menarik atau mengandung makna yang dalam. Tujuannya, selain untuk menginformasikan kepada pengguna lain, juga untuk “memancing” komentar yang akhirnya dapat memperluas jaringan dengan orang-orang yang mempunyai ketertarikan (interest) yang sama.

Sumber :

http://www.waena.org/index.php?option=com_content&task=view&id=3445&Itemid=43

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: